Ad Code

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Mengatasi Bug Fake ID di Android

Untuk saat ini Android dianggap sebagai sistem operasi yang cukup stabil dan aman, walaupun ada beberapa bug / kerentanan yang muncul dari waktu ke waktu.  Dan dari beberapa bug yang muncul tersebut, ada yang terbilang cukup parah, bahkan sampai memaksa pihak Google untuk merilis revisi kecil (yang biasa kita kenal dengan minor update) untuk OS mereka.

Salah satu bug yang baru – baru ini ditemukan dalam OS Android dikenal dengan nama “Fake ID”. Bug ini memungkinkan aplikasi berbahaya untuk berpura-pura ditandatangani oleh penyedia terpercaya dan dimuat sebagai perluasan dalam beberapa konteks seperti akses NFC, plugin browser dan lain-lain. Untuk penjelasan lebih mendetail dari bug tersebut, dapat kalian temukan di artikel Jeff Forristal dari Bluebox disini.

Nampaknya, Bug ini mempengaruhi hampir semua perangkat Android. Tidak terikat terhadap satu vendor tertentu. Oleh karena itu, ada baiknya kalian menginstal Bluebox Security Scanner terlebih dahulu, untuk mendeteksi apakah system Android smartphone kalian rentan terhadap bug tersebut.

Jika system smartphone Android kalian rentan terhadap bug tersebut, maka kalian patut berterima kasih kepada salah satu senior member dari forum pengembang XDA sekaligus co – pencipta Xposed Framework, Tungstwenty. Ia telah membuat sebuah modul Xposed  yang mampu menghancurkan bug tersebut dalam hitungan detik. 

Berikut cara memperbaiki bug “Fake ID” yang ada di Smartphone Android dengan menggunakan modul Xposed: 
  • Pastikan smartphone Android sudah terinstal Xposed instaler, belum tahu caranya? Baca artikel Cara Menambah Free RAM Android Dengan Greenify Donate untuk mengambil file apk Xposed Instaler dan mengetahui cara instalnya.
  • Jika sudah terinstal, download modul Fake ID Fix dari Google Play disini. Baca juga artikel cara download file APK Android di Google Play melalui PC. Jika kalian selama ini hanya bisa download aplikasi / game android melalui Playstore smartphone Android.
  • Instal seperti biasa dan pastikan bahwa kalian mengaktifkan modul tersebut pada Installer Xposed dan reboot. Selesai.

Post a Comment

0 Comments

Ad Code

Responsive Advertisement