Ad Code

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Mudah Seting HP Android Jadi Hotspot WiFi atau Modem USB

Setting HP Android Menjadi Hotspot dan Modem USB

Salah satu fitur yang dimiliki Smartphone dengan sistem operasi Android adalah bisa dijadikan sebagai penghubung gadget lain ke jaringan internet, yaitu dengan hotspot dan juga modem USB. Itulah salah satu alasan mengapa Android banyak diminati.

Jadi jika sobat memiliki smartphone Android, ketika sobat ingin mengakses internet dengan komputer atau laptop, sobat tidak perlu membeli modem USB atau pergi ke tempat yang terdapat sinyal hotspot. Atau jika sobat sudah memiliki modem USB, sobat tidak perlu lagi mengisi pulsa untuk modem tersebut. Karena kini dengan smartphone yang sobat miliki, semua kebutuhan tadi dapat tergantikan. Asalkan paket data pada smartphone Android-mu telah dihidupkan dan memiliki paket internet, dan kalau bisa paket internet yang digunakan unlimited dan super cepat agar puas.

OK, tidak usah berlama-lama lagi. Beginilah cara berbagi pakai koneksi internet dari smartphone Android ke gadget lainya. Tutorial yang saya berikan ini saya lakukan pada HP Smartfren Andromax dengan Android versi 4.1.2 Jelly Bean. Untuk merek HP dan versi Android lainya mungkin akan terdapat perbedaan, namun sebenarnya pada dasarnya sama saja.

1. Masuk ke Setting.
2. Pilih atau masuk ke bagian Wireless and Network.


Setting HP Android Menjadi Hotspot dan Modem USB


3. Pilih Tethering and Portable Hotspot.
Jika tidak ada, coba buka pilihan More.


Setting HP Android Menjadi Hotspot dan Modem USB

Setting HP Android Menjadi Hotspot


Dengan dijadikannya smartphone Android sobat menjadi hotspot, maka smartphone sobat bisa berbagi pakai koneksi internet dengan beberapa gadget lainya.

4. Berikan centang pada bagian Portable Wi-fi hotspot.
Sobat bisa memberikan sebuah password pada hotspot yang baru sobat buat ini agar tidak sembarang orang dapat mengkoneksikan, dengan cara masuk ke bagian Set up Wi-fi Hotspot dan melakukan beberapa pengaturan.


Setting HP Android Menjadi Hotspot


5. Hidupkan wi-fi pada komputer atau gadget lainya. Lalu cari hotspot dari smartphone Android, dan koneksikan.

Setting HP Android Menjadi Modem USB


Jika hanya ingin berbagi koneksi internet dengan satu gadget lain saja, mungkin ada baiknya sobat jadikan HP Android sobat sebagai modem USB saja.

Sebelumnya, sambungkan Android sobat dengan gadget lain menggunakan kabel data khusus untuk Android sobat. Selanjutnya baru lakukan langkah 1 sampai 3.
4. Berikan centang pada USB Tethering.


Setting HP Android Menjadi Modem USB


5. Tunggu sampai terdapat ikon terkoneksi pada komputer sobat.

Maka gadget lain yang terkoneksi dengan hotspot atau modem USB dari smartphone Android, telah bisa mengakses internet dengan mengambil paket data dari Android.
Jika tidak berhasil, coba atur IP Adress Wi-fi atau LAN pada komputer menjadi DHCP atau obstain. Jika belum berhasil juga, coba restart terlebih dahulu smartphone Android dan gadget lain yang akan dikoneksikan.

Post a Comment

3 Comments

  1. Coba di root dulu gan :D

    ReplyDelete
  2. itu connect ke wifi modem advan bukan?

    ReplyDelete
  3. Punya q c3si gk bisa mengganti data gan
    Padahal udah di buang centang nya
    Tolong infonya ya

    ReplyDelete

Ad Code

Responsive Advertisement